Berikut 5 Manfaat Sholat Berjamaah Tepat Waktu, Nomor 4 yang Diinginkan Umat Muslim

Tim Okezone
Berikut 5 manfaat sholat berjamaah tepat waktu, nomor 4 yang diinginkan umat Muslim. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Bagi setiap Muslim, menjalankan sholat merupakan perintah agama. Apalagi salat yang dilakukan secara berjamaah di masjid secara tepat waktu yang tersimpan banyak manfaat jika dilewatkan.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Sholat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding sholat sendirian." (HR Bukhari Nomor 645 dan Muslim 650)

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhal. Beliau lantas menjawab, "Sholat di awal waktunya." (HR Abu Dawud)

Nah, berikut ini manfaat serta pahala yang diperoleh bagi Muslimin yang istikamah menunaikan sholat berjamaah tepat waktu di masjid, seperti dikutip dari Kalam Sindonews:

1. Dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda: "Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat pada waktunya; berbakti kepada kedua orangtua, dan berjihad di jalan Allah," (HR Bukhari dan Muslim).

2. Dosanya diampuni Allah Ta'ala

Bagi mereka yang disiplin melaksanakan sholat berjamaah tepat waktu dosanya akan mendapat ampunan Allah Subhanahu wa ta'ala. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan sholat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya." (HR Ahmad).

3. Meraih banyak kemuliaan

Sayyidina Utsman bin Affan berujar, "Barang siapa selalu mengerjakan sholat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu:

- Dicintai Allah

- Kesehatan badan

- Dijaga malaikat

- Rumahnya diberkahi

- Wajahnya menampakkan jati diri orang saleh

- Allah lunakkan hatinya

- Melintasi shirath (jembatan di atas neraka) secepat kilat

- Selamat dari siksa api neraka

- Kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.

4. Masuk surga

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib'iy bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Allah Ta'ala berfirman: 'Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu sholat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga. Dan barang siapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan."

5. Mendapat pahala kebaikan yang besar

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Seandainya orang-orang mengetahui pahala adzan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan salat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala sholat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak." (HR Bukhari).

Adapun keutamaan lainnya berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik. Bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Siapa yang melaksanakan sholat karena Allah Ta'ala selama empat puluh hari berjamaah, ia mendapatkan takbiratul ihram. Maka dituliskan baginya dijauhkan dari dua perkara, yaitu dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan." (HR At-Tirmidzi).

Wallahu a'lam bishawab.

 

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone.com dengan judul 5 Manfaat Sholat Berjamaah Tepat Waktu, Nomor 2 Impian Setiap Muslim

Editor : Jafar Sembiring

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network