JAKARTA, iNews.id - Dalam rangka meningkatkan akses layanan finansial, kualitas hidup, dan pendapatan masyarakat Indonesia melalui teknologi, Mapan, sebuah startup Indonesia mengadakan acara pertemuan bagi para mitranya di provinsi Sumatera, khususnya di Aceh, Lampung, Medan, Palembang, serta Jawa Barat.
Acara ini berlangsung selama bulan Juli hingga Agustus 2022 dengan nama “Kopdar Mitra Usaha Mapan (MUM)” yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta. Adapun target utama dari acara ini adalah perempuan di usia produktif, baik yang belum berkeluarga maupun ibu rumah tangga.
Berkolaborasi dengan beberapa mitra Mapan seperti Tupperware, Sophie Martin dan Al-Qolam, acara ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar Mitra Usaha Mapan sekaligus mengadakan sesi pembekalan berupa sharing session bagi mereka yang telah mendapatkan penghasilan besar melalui usahanya di Mapan hingga membuahkan dampak baik bagi keluarga serta lingkungan.
Sharing session ini diisi penjelasan mengenai cara menjadi seorang perempuan dan ibu rumah tangga yang produktif, tips dan trik memperluas jaringan, serta memperkenalkan layanan dan komunitas Mapan ke masyarakat yang lebih luas dengan harapan mereka dapat memanfaatkan layanan Mapan untuk membantu mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan diakhiri dengan sesi diskusi sesama MUM.
Mengomentari kerja sama ini, Direktur PT Hidayah Insan Mulia (Al-Qolam) Khamis, mengatakan pihaknya melihat Mapan sebagai perusahaan besar berbasis komunitas digital yang sangat berpotensi untuk memperbesar penetrasi pasar dari produk yang kami hasilkan.
"Selain itu, Mapan juga mempunyai visi yang hampir sama dengan kami, yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat indonesia. Bekerja sama dengan Mapan selama ini menjadikan jangkauan pemasaran kami menjadi jauh lebih luas,” katanya.
Shella Huliselan, Chief Retail Officer The Self Inc (Sophie Martin), mengatakan "Selama dua bulan bergabung bersama Mapan Arisan, The Self Inc telah mendapatkan dampak positif dari segi penjualan yang meningkat hingga 20% dengan total permintaan/pembelian mencapai 4 miliar Rupiah.
Hal ini menunjukkan kekuatan wanita yang besar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Kami percaya, kerja sama yang saling menguntungkan dari mitra Mapan Arisan ini akan membawa dampak yang lebih besar lagi, tidak hanya bagi The Self Inc sebagai penyedia barang dan produk, tetapi juga para komunitas yang merasakan langsung dampaknya bagi hidup mereka.” tutup Shella Huliselan.
Selain itu, sebagai salah satu area dengan perkembangan pengguna paling tinggi, Mapan juga menyelenggarakan acara Jalan Sehat di Kota Palembang, yang diikuti hingga 2,000 peserta.
Mapan berharap, dengan diselenggarakannya jalan sehat ini, kepercayaan anggota terhadap Mapan di daerah Palembang dan sekitarnya meningkat. Mapan juga berharap dapat melaksanakan acara serupa di daerah lain.
“Kami ingin menciptakan kisah-kisah perempuan dan ibu rumah tangga yang sebelumnya hanya sekedar merawat keluarganya, sampai akhirnya bisa berdaya dan berdampak untuk lingkungannya sampai ke pelosok Indonesia. Karena Mapan percaya bahwa perempuan Indonesia adalah sosok yang kuat dan bisa memiliki dampak luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.” ucap Ardelia Apti, CEO Mapan.
Sejalan dengan data dari badan riset global, 60 Decibels, yang dilakukan bersama dengan Mapan, 87% dari Mitra Usaha Mapan merasakan adanya peningkatan kualitas dari hidup mereka.
Beberapa peningkatan yang disebutkan juga antara lain adanya peningkatan penghasilan, mampu membantu pengeluaran rumah tangga, dan meningkatnya kemampuan mereka di kehidupan sosial dan mendapatkan relasi baru.
Saat ini, Mapan berada dalam proses pengembangan produk/layanan baik itu arisan maupun layanan lain yang sekiranya lebih bisa membantu kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan harapan melalui ekspansi dan acara yang telah lakukan ini, bisa mendapatkan lebih banyak masukan dan data terkait hal tersebut.
Saat ini, sudah ada lebih dari 250,000 Mitra Usaha Mapan yang melayani 3 juta anggota sejak Mapan melakukan ekspansi ke luar pulau Jawa dan Bali pada Desember 2021. Dengan empat Community Manager dan warehouse yang terletak di luar area Jawa dan Bali, dan akan bertambah kembali sesuai dengan rencana geo-ekspansi.
Mapan akan terus mengadakan acara Kopdar Bagi Para Mitra Usaha Mapan secara rutin di seluruh wilayah layanan Mapan dengan tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan pesertanya.
Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta
Artikel Terkait