PDGI Sebut Hanya 2,8 Masyarakat Indonesia yang Menyikat Gigi Secara Benar

Kevi Laras
Menyikat gigi, (Foto: Freepik)

iNewsMedan.id - Menyikat gigi merupakan cara paling dasar untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Namun sayangnya, tidak semua orang paham bagaimana cara menyikat gigi yang benar.

Merujuk pada data dari Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, ironisnya hanya sekitar 2,8 persen masyarakat Indonesia yang sudah menyikat gigi dengan cara yang tepat.

"Sebanyak 94,7 persen jumlah masyarakat Indonesia yang sikat gigi. Tapi hanya ada 2,8 persen yang melakukan dengan benar atau tepat," ujar drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus Besar PDGI dalam Talkshow Pulih Bersama Dengan Senyum Anak Sehat Indonesia di Gelora Bung Karno, Senin (12/9/2022).

Masih dalam kesempatan yang sama, drg. Usman juga menyoroti kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi pelayanan kesehatan gigi. Lagi-lagi, sayangnya hanya sekitar 10 persen masyarakat yang bisa mengakses kesehatan gigi. Padahal yang membutuhkan, persentasenya mencapai di atas 50 persen dari penduduk Indonesia.

"Ada 57 persen orang Indonesia sebenarnya memerlukan pelayanan kesehatan gigi, yang bisa punya akses sekitar 10 persen," tandasnya singkat.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network