Daftar Gereja Bersejarah di Indonesia, Ada yang Berusia Ribuan Tahun

Almas Taqiyya , Litbang Okezone
Gereja Blenduk (dok DPAD Yogyakarta)

GEREJA merupakan salah satu bangunan yang mempunyai arsitektur indah.

Selain dijadikan tempat beribadah, rupanya sejumlah gereja di Indonesia lekat dengan cerita sejarahnya.

Berikut gereja di Indonesia yang bersejarah dirangkum MNC Portal:

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk disebut-sebut sebagai gereja Kristen tertua di Jawa Tengah. Terletak di pusat Kota Semarang, Gereja Blenduk sangat menarik perhatian wisatawan karena bangunannya yang tinggi dan memiliki gaya arsitektur Eropa. Gereja ini dibangun oleh warga Belanda yang tinggal di kota itu pada 1753.

Gereja dengan nama asli Gereja GPIB Immanuel ini memiliki sejumlah bagian bangunan yang cantik. Kubahnya besar berlapis perunggu, serta terdapat orgel barok di dalamnya. Gereja bersejarah ini sempat direnovasi pada tahun 1894 oleh W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde. Kendati sudah lama dibangun, gereja ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan masih dipergunakan setiap hari Minggu.

Gereja Santa Maria de Fatima

Gereja Santa Maria de Fatima ini merupakan salah satu gereja tertua di Indonesia. Berlokasi di Jalan Kemenangan III, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, gereja ini masih berdiri kokoh dan menjadi tempat peribadatan. Gereja Santa Maria de Fatima mempunyai nama lain Gereja Ricci. Gereja Santa Maria de Fatima dibangun oleh seorang kapten keturunan Tionghoa bermarga Tjioe pada abad ke-1, tepatnya di tahun 1954.

Salah satu keunikan gereja ini adalah arsitektur khas Fukien atau Tiongkok Selatan. Karena arsitektur yang mirip gaya Tiongkok, gereja ini didominasi ornamen berwarna merah, kuning, dan emas.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network